×

VISI, MISI, TUJUAN DAN NILAI-NILAI


A.      Visi SMA Islamic Centre

 

Visi yang merupakan harapan dan cita-cita dari SMA Islamic Centre adalah: Disiplin, Cerdas, Terampil, Berkarakter, dan Berakhlakul Karimah Menuju Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.”

 

B.      Misi SMA Islamic Centre

 

Misi SMA Islamic Centre dalam rangka mewujudkan visi yang telah ditetapkan yaitu:

 

1.       Disiplin

a.       Guru (pendidik) menyampaikan materi pelajaran yang diampu sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

b.       Guru mematuhi tata tertib di sekolah sesuai dengan bidang tugas dan jabatannya.

c.       Peserta didik mengikuti pembelajaran di kelas, di luar kelas atau di luar sekolah dengan tertib sesuai arahan guru.

d.       Peserta didik menyelesaikan seluruh tugas dan penilaian yang diberikan oleh guru dan sekolah.

e.       Peserta didik mematuhi tata tertib siswa di sekolah.

f.        Tenaga kependidikan mematuhi tata tertib di sekolah sesuai dengan bidang tugas dan jabatannya.

 

2.       Cerdas

a.       Guru membangun 6 (enam) kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

b.       Guru dan peserta didik melaksanakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik dengan pendekatan saintifik yang mengembangkan daya nalar kritis.

c.       Guru dan peserta didik melaksanakan pembelajaran yang memberi ruang yang cukup bagi prakarsa dan kreativitas sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

d.       Guru dan peserta didik memberi motivasi untuk pelaksanaan kegiatan dalam rangka menghasilkan suatu karya ilmiah yang otentik dan tepat guna.

e.       Peserta didik melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang berkualitas, baik itu di dalam maupun di luar sekolah.

 

3.       Terampil

a.       Guru meningkatkan kemampuan peserta didik dengan ranah keterampilan yang bersifat abstrak untuk mencapai Higher Order Thinking Skills (HOTS).

b.       Guru dan peserta didik melatih diri dengan tekun untuk meningkatkan keterampilan era digital melalui pelayanan bimbingan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Informatika.

c.       Guru dan peserta didik melaksanakan kegiatan kewirausahaan yang efektif.

 

4.       Berkarakter

a.       Guru dan tenaga kependidikan meningkatkan mutu profesionalitas dan layanan.

b.       Guru dan peserta didik meningkatkan kemampuan dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan/budaya sekitar.

c.       Guru dan peserta didik menanamkan rasa peduli dan bangga atas budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan eksplorasi.

d.       Guru dan peserta didik menumbuhkembangkan nilai-nilai luhur dan semangat kebangsaan (nasionalisme), kejuangan (patriotisme) dan kepahlawanan.

 

5.       Berakhlakul Karimah

a.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik meningkatkan hubungan dengan stakeholder dan masyarakat sekitar sekolah.

b.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik menumbuhkembangkan sikap dan perilaku mulia melalui pengkajian nilai-nilai keagamaan melalui program pembiasaan.

c.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik membiasakan diri tertib beribadah dan tertib mengikuti kajian keagamaan rutin.

d.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik membentuk komunitas masyarakat sekolah yang religius.

e.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik menyelenggarakan kegiatan yang membangun hidup bersama (live together).

f.        Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik melaksanakan pelayanan yang optimal (pelayanan prima) kepada warga sekolah dan warga masyarakat sekitar.

 

6.       Profil Pelajar Pancasila

a.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik melaksanakan sosialisasi dan diseminasi Implementasi Kurikulum Merdeka dengan kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

b.       Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran dengan kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

 

 

C.      Tujuan SMA Islamic Centre

 

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Tujuan SMA Islamic Centre secara khusus adalah:

1.       Menghasilkan lulusan (output) yang mampu bersaing di era 5 G.

2.       Berkembangnya potensi peserta didik secara optimal.

3.       Memiliki prestasi akademik dan non akademik di tingkat lokal, regional nasional dan internasional.

4.       Terciptanya masyarakat sekolah yang nasionalis dan religius.

5.       Teroptimalisasinya fungsi perpustakaan dan laboratorium sekolah serta         pemanfaatannya.

6.       Peserta didik memiliki kecakapan hidup (life skill) melalui pembelajaran vokasi di sekolah.

7.       Terealisasinya peserta didik yang berpengetahuan dan berteknologi, berbudi luhur, cinta tanah air, bangsa dan negara.

8.       Terbentuknya pembelajar sepanjang hayat.

9.       Terbudayakannya peserta didik sebagai manusia berbudaya Pancasila.

10.    Terbentuknya sikap peserta didik siap berdaya saing.

11.    Memiliki lulusan yang mandiri.

12.    Terbinanya hubungan yang baik antara warga sekolah dengan masyarakat sekitarnya

 

 

 

D.      Nilai-Nilai SMA Islamic Centre

 

Nilai-nilai yang harus dipedomani dan dijadikan acuan dalam bertindak dan berperilaku bagi seluruh warga sekolah di SMA Islamic Centre adalah:

1.       Jujur. Setiap warga sekolah harus memegang teguh kejujuran yakni sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar-benarnya dengan tidak berbohong atau berkata hal-hal yang menyalahi apa yang terjadi (fakta) serta tidak bersikap dan berperilaku curang dan khianat.

2.       Kebersamaan. Menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmatinya bersama.

3.       Transparansi/akuntabel. Adanya keterbukaan dalam pengambilan keputusan (kebijakan) dan hubungan antar sesama warga sekolah.

4.       Tanggung jawab. Semua warga sekolah harus melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

5.       Saling percaya. Seluruh warga sekolah saling mempercayai, berpikir positif dan tidak saling mencurigai.

6.       Saling menghargai. Setiap warga sekolah harus saling menghormati tugas dan fungsi masing-masing.

7.       Disiplin/Taat azas. Setiap warga sekolah harus menegakkan disiplin sesuai dengan aturan yang berlaku.

8.       Kreativitas dan inovasi. Tidak pernah merasa puas atas prestasi yang dicapai, tetapi selalu mensyukurinya sebagai motivasi untuk selalu berkreasi (mengembangkan ide-ide baru) dan mengadakan pembahasan untuk keunggulan SMA Islamic Centre.

9.       Pelayanan prima. Selalu memberikan pelayanan kepada semua stakeholder dengan sebaik-baiknya, dengan menerapkan prinsip A3 (attitude, attention, and action).

10.    “Tukang bersih sungai”. Belajar bagaikan air mengalir di sebuah sungai,  sehingga harus mengupayakan agar air dapat mengalir bebas hambatan. Untuk itu di dalam mengerjakannya terkandung ketulusan hati, kesetiaan, kemesraan, kesabaran, cinta, sukacita, improvisasi dan pengendalian diri memenuhi pekerjaan itu.

11.    Menyejahterakan Peserta Didik. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa dan kreativitas sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Peserta didik sejahtera, kalau aktivitas belajar Bebas-terbuka, Santai, Takjub, Menyenangkan dan Menggairahkan.

12.    Amanah dan profesionalSelalu menjaga pesan kebaikan dan melaksanakannya secara sungguh-sungguh atas dasar sikap profesi dan tugas yang diemban.

13.    Visioner dan berwawasanSelalu memupuk cita dan harapan yang tumbuh dan berkembang dari sivitas sekolah.

14.    Produktif (Mangkus dan Sangkil). Pembelajaran harus dilaksanakan mengacu pada orientasi produktivitas perilaku dan karya.

15.    Gandrung mutu tinggiSelalu mengedepankan prinsip kecintaan pada mutu belajar, mutu proses, mutu hasil dan mutu personal.

16.    Pembelajaran sepanjang hayatSelalu menempatkan diri bahwa belajar adalah kebutuhan hidup untuk terselenggaranya hidup secara baik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan sesama manusia maupun lingkungan sekitar.

×

PPDB SMA Islamic Centre